KEBERAGAMAN MEDIA MASSA DAN SEGMENTASINYA DI INDONESIA


TUGAS PAPER
MATA KULIAH SISTEM KOMUNIKASI INDONESIA


Sebagai syarat memenuhi kelulusan
mata kuliah Sistem Komunikasi Indonesia yang diampu oleh :
Fatihatul Lailiyah S.Sos., M.Med.Kom






Disusun oleh :


ELANG TEJA KUSUMA                           (51703050013)
LABIBAH NINIS ABIYU GHINANDA    (51703050018)
WAHYUNING PUTRI ANGGAREVA      (51703050029)




PROGRAM STUDI ILMU KOMUNIKASI
FAKULTAS ILMU SOSIAL DAN ILMU POLITIK
UNIVERSITAS ISLAM MAJAPAHIT
2018

Pendahuluan

A.    Latar belakang

Pesatnya perkembangan teknologi dan informasi, menyebabkan perubahan di kalangan masyarakat. Tanpa disadari media massa telah ikut mengatur jadwal hidup kita serta menciptakan sejumlah kebutuhan. Keberadaaan media dalam menyajikan informasi cenderung memicu perubahan serta banyak membawa pengaruh pada penetapan pola hidup masyarakat. Beragam informasi yang disajikan dinilai dapat memberi pengaruh yang berwujud positif dan negatif. Secara perlahan-lahan namun efektif, media membentuk pandangan masyarakat terhadap bagaimana seseorang melihat pribadinya dan bagaimana seseorang seharusnya berhubungan dengan dunia sehari-hari.

Setiap perusahaan media massa harus memahami akan perubahan yang terjadi di sekitar lingkungannya dengan melakukan pengamatan lingkungan. Ekonomi media massa mengelola sumber daya manusia dalam menciptakan isi informasi dan hiburan berdasarkan segmentasi pasar program siaran yang dapat ditinjau dari tingkat ekonomi, pendidikan, budaya, dan geografis. Misalnya, dilihat dari tayangan program siaran pada industri media televisi yang ada di Indonesia saat ini, secara konten kualitas siaran program masih menyasar pada segmentasi khalayak dengan tingkat SES (Social, Economi, Sex) menengah ke bawah.

melihat pada khalayak secara umum sangatlah luas dan kebutuhan audien juga sangat luas. Akan sangat sulit untuk bisa memenuhi kebutuhan semua audien akan informasi karena pendengar terlalu beragam. Sehingga media massa memerlukan sebuah segmentasi audien.


Pembahasan

A.  Landasan teori

1.    Media massa
Istilah Media Massa merupakan singkatan dari istilah media komunikasi massa, yang secara sederhana dapat diartikan sebagai alat yang dapat digunakan untuk menyampaikan pesan secara serentak kepada khalayak banyak yang berbeda-beda dan tersebar diberbagai tempat (Andre A. Hardjana, 1996). Sebagai alat penyampaian pesan, media massa menggunakan lambang – lambang yang dapat ditangkap oleh panca indera terutama indera mata dan telinga. Dengan demikian media massa ini dapat dibedakan menjadi media massa bentuk tampak (Visual), media massa bentuk dengar (Audio), dan media massa bentuk gabungan (Audio Visual).
Jenis-Jenis Media Massa
·         Media Cetak (Printed Media): Suratkabar, Tabloid, Majalah.
·         Media Elektronik (Electronic Media): Radio, Televisi, Film/Video.
·         Media Siber (Cyber Media): Website, Portal Berita, Blog, Media Sosial.

2.    Segmentasi media massa di indonesia

Menurut marrison, Segmentasi pasar merupakan pembagian dari keseluruhan pasar untuk suatu pelayanan dalam kelompok – kelompok dengan karakteristik umum. Segmentasi pasar pada dasarnya diperlukan bagi perusahaan yang menjual barang dan jasa. Tujuannya adalah membuat semua pelanggan yang potensial.
Dan untuk itu Eric Berkowwitz dkk. membagi suatu pasar ke dalam kelompok-kelompok yang jelas yaitu (1) memiliki kebutuhan yang sama dan (2) memberikan respon yang sama terhadap suatu tindakan pemasaran. Dengan demikian dapat disimpulkan segmentasi pasar adalah suatu kegiatan untuk mengelompokan atau membagi audien ke dalam bentuk terperinci.

B.  Segmentasi Media Massa dI Indonesia

1.    Segmentasi media cetak (majalah)

Dilihat dari sejarah penerbitan pers di Indonesia, gejala segmentasi majalah sebenarnya mulai tampak pada akhir tahun 1970-an. Pada waktu itu, telah terbit sejumlah media cetak yang membahas masalah spesifik dengan pembaca khusus. Segmentasi itu tampak dari spesialisasi tema majalah seperti majalah khusus ekonomi, keagamaan, kesehatan, anak-anak, remaja, wanita, keluarga, pertanian, otomotif, iptek, sastra/budaya, psikologi, hukum & kriminal, tata boga, manajemen/perbankan, pariwisata, interior, olahraga, kesehatan, industri, ketenagakerjaan, komputer, pertanian, arsitektur, fotografi, komputer, handphone, hobi dan hiburan (musik, film, game, komik, mainan), dll. Beberapa grup konglomerasi penerbitan majalah sebagai pemain besar antara lain Gramedia, Suara Pembaruan, Jawa Pos, Femina, MRA, Media Indonesia, dan Pinpoint.

Tabel 1. Majalah Waralaba di Indonesia
No
Tahun Terbit
Media
Segmen
Penerbit
1
April 1973
Bobo
Anak-anak
Gramedia
2
1997
CHIP
Komputer
Elex Media
3
September 1997
Cosmopolitan
Wanita/Lifestyle
Grup MRA
4
2000
Health Today
Kesehatan
Infomaster
5
Mei 2000
F1 Racing Indonesia
Olahraga
Quadra Media Publicia
6
Mei 2000
Herpers BAZAAR
Wanita/Lifestyle
Media Insani Abadi
7
Juni 2000
Autocar
Otomotif
Grup MRA
8
Agustus 2000
Female Indonesia
Wanita/Lifestyle
Mediamilenia
9
Oktober 2000
Her World Indonesia
Wanita/Lifestyle
Media Ikrar Abadi
10
November 2000
Lisa
Wanita
Pin Point
11
Maret 2001
Golf Digest
Olahraga
Media Golfindo
12
April 2001
Komputer Aktif
Komputer/TI
Gramedia
13
Agustus 2001
Men’s Health
Kesehatan
Grup Femina
14
Agustus 2001
Rally XS
Olahraga
Quadra Media
15
September 2001
Motorriders
Otomotif/Olahraga
Grup MRA
16
Oktober 2001
Cosmo Girl
Remaja Putri
Grup MRA
17
November 2001
Seventeen
Remaja Putri
Grup Femina
18
2001
T3 Indonesia
Komputer/TI
Tri Teknologi Tunggal
kategori  majalah dapat dipilah-pilah dalam beberapa jenis, meliputi:
a.      Geografi
Berkaitan dengan distribusi majalah apakah nasional, lokal ataukah regional atau bahkan internasional (Panjebar Semangat, Tempo, Time)
b.      Demografi
Adalah kategori majalah dalam bentuk kelompok umur (Bobo), Pekerjaan (Cakram), jenis kelamin (Matra, Femina, Cosmopolitan, Mens Health), status sosial (Tempo, Intisari, Misteri, Maestro)
c.      Editorial Content
Pembagian  majalah dari segi isi apakah berita umum (Tempo, Gatra), informasi wanita (Cosmopolitan), Bisnis (Swa), interert khusus (Cinemagz, ASRI), dsb
d.      Ukuran fisik
Ukuran fisik majalah umumnya adalah  8,5 x 11 inchi atau 6 x 9 inchi. Saat ini ukuran majalah terus mengecil agar mudah dibawa kemana-mana.
e.      Frekuensi Penerbitan
Umumnya majalah di Indonesia terbit mingguan, namun ada yang terbit dwi mingguan, bulanan, tiga kali sebulan dan ada pula yang terbit tiga bulan sekali.
2.    Segmentasi media elektronik (televisi)

Acara yang muncul pada stasiun RCTI tersebut adalah:
04:30:00 - 05:00:00
SEPUTAR INEWS PAGI PLUS
05:00:00 - 06:00:00
SEPUTAR INEWS PAGI
06:00:00 - 06:30:00
GO SPOT
06:30:00 - 08:15:00
FILM KELUARGA PAGI
08:15:00 - 09:30:00
LARVA (PAGI)
09:30:00 - 11:00:00
SILET
11:00:00 - 11:45:00
SEPUTAR INEWS SIANG
11:45:00 - 12:15:00
SERGAP
12:15:00 - 14:30:00
SI DOEL
14:30:00 - 15:30:00
KESEMPATAN KEDUA (RR)
15:30:00 - 16:45:00
KESEMPATAN KEDUA
16:45:00 - 18:42:00
TUKANG OJEK PENGKOLAN
18:45:00 - 20:45:00
CINTA YANG HILANG
20:45:00 - 23:00:00
DUNIA TERBALIK
23:00:00 - 24:00:00
SAAT HATI TELAH MEMILIH

Pertimbangan yang melandasi penayangan acara pada RCTI tersebut yaitu rating para penonton TV tersebut mencapai puncaknya dengan jumlah terbanyak dan berasal dari semua kalangan. Karena RCTI mengambil segmentasi pasar golongan SES untuk dinikmati semua lapisan masyarakat. Terutama di hari libur, hal ini dikarenakan jam istirahat dan hari berkumpul orang Indonesia baik bersama keluarga atau teman adalah pada hari tersebut, dimana sebagian besar dari mereka banyak yang mengaktifkan TV sebagai teman berkumpul mereka sehingga pada hari tersebut hampir semua acara yang muncul memiliki segmentasi untuk semua kalangan mulai bayi, remaja, ibu hamil, wanita karier, dll,
acara yang muncul pada stasiun tvone tersebut adalah:     
04:30:00 - 05:30:00
LIVE NEWS KABAR PAGI
05:30:00 - 06:00:00
APA KABAR INDONESIA PAGI
08:00:00 - 08:30:00
LIVE NEWS : KABAR ARENA PAGI
08:30:00 - 09:00:00
COFFE BREAK
09:00:00 - 09:30:00
LEJEL HOME SHOPPING 2018
09:30:00 - 10:00:00
KABAR PASAR
10:00:00 - 10:30:00
INDONESIA PLUS
10:30:00 - 11:00:00
RAGAM PERKARA
11:00:00 - 13:00:00
LIVE NEWS : KABAR SIANG
13:00:00 - 14:00:00
AYO HIDUP SEHAT
14:00:00 - 14:30:00
KABAR PASAR SORE
14:30:00 - 15:30:00
KABAR PILIHAN
15:30:00 - 18:30:00
BURU SERGAP
18:30:00 - 21:00:00
LIVE NEWS : KABAR PETANG
21:00:00 - 23:30:00
KABAR UTAMA
23:30:00 - 24:30:00
UFC

Melihat dari sisi penampilan dan setting program, TVOne lebih mengarah ke sasaran penonton yang unik dan spesifik. Ketika kita memperhatikan apa yang diucapkan presenter berita (anchor) pada akhir acara maka kita dapat memperkirakan siapa target penontonnya. Dengan pengucapan dan gaya bahasa yang formal, terlihat jelas bahwa sasaran mereka adalah masyarakat dengan tingkat pendidikan yang lebih tinggi. Yang menyukai keformalan dan wibawa. Selain itu TVOne mempunyai orientasi tayangan pada berita dan gaya hidup.
3.    Segmentasi media online
Segmentasi komunitas online dari orang-orang yang saling berinteraksi. Segmentasi komunitas internet terdiri dari 5 kategori yaitu (Suyanto, 2004: 6-10):
·         Segmentasi Komunitas Minat
Komunitas minat terdiri dari orang-orang yang berinteraksi terhadap topik tertentu, misalnya hiburan, topik keluarga, topik perkebunan, topik cuaca dan sebagainya. Contoh: Situs yang berhubungan dengan musik di Indonesia adalah www.joox.com. joox.com memberikan informasi tentang para penyanyi, pemain musik, instrumen musik, tangga lagu, koleksi album, foto artis, forum fans, album baru dan industri musik. Disediakan juga lirik lagu, chord, chat. Peminat musik dapat membeli secara online, misalnya album penyanyi dalam negeri maupun luar negeri. Sehingga segmentasi pasar mengarah ke para remaja.
·         Segmentasi Komunitas Relasi
Komunitas relasi adalah komunitas yang terbentuk karena memiliki pengalaman hidup yang sama. Misalnya, Cancer Forum adalah forum yang berisi tukar-menukar informasi dan pendapat tentang penyakit kanker (www.cancerforum.com). Selain itu, Cancer Forum menjual dan menyewakan nama domain yang berkaitan dengan kesehatan. Kategori-kategori nama domain tersebut antara lain Alzheimers, Arthritis, Asthma, Diet dan lainnya. Situs DGI (Desain Grafis Indonesia) www.dgi-indoneia.com adalah sebuah situs yang didirikan pada 13 Maret 2007 oleh Hanny kardinata sebagai forum maya untuk memupuk saling pengertian di antara desainer grafis Indonesia.
·         Segmentasi Komunitas Fantasi
Komunitas Fantasi merupakan forum terdiri dari peserta yang menciptakan lingkungan imajinasi. Komunitas Fantasi dapat berupa fantasi game, cerita fantasi mulai dari novel, manga, komik, ataupun film-film bergenre animasi. Seperti: www.manga.com, www.ngomik.com, game-game online RPG, The Science-Fiction, horor dan fantasy film di www.moria.co.nz, www.mania.com dan lain-lainnya.
·         Segmentasi Komunitas Transaksi
Segmentasi komunitas transaksi adalah komunitas yang memberi kan fasilitas jual beli. Anggota termasuk pembeli, penjual, perantara, dan sebagainya. Perusahaan yang melakukan segmentasi berdasarkan komunitas transaksi, antara lain Yahoo Shopping, Amazon, Wizard, dlll. Anggota komunitas dari Yahoo Shopping dapat berbelanja dengan empat cara, yaitu: “Shopping”, “Used”, “Auction”, dan “Classified”. Pada Yahoo Shopping, beberapa perusahaan memasang banner. Amazon.com merupakan toko online terbaik pada tahun 2002 menurut versi majalah Yahoo. Amazon menyediakan berbagai macam produk, dari produk kecantikan hingga mainan dan sebagainya. Komunita Amazon mendapat potongan dalam berbelanja dan pengiriman gratis. Komunitas Transaksi di Indonesia dapat ditemukan pada www.kaskus.com, www.berniaga.com, www.tokobagus.com dll.
·         Segmentasi Komunitas Profesional
Segmentasi komunitas profesional merupakan komunitas yang dibentuk untuk mendukung komunitas profesional dan pertukaran pekerjaan yang bernilai atau informasi terkait dengan penelitian. Misalnya: www.analog.com menciptakan komunitas akses online para perancang chip kepada pakar-pakar teknisnya. Linux Documentation Project (www.linuxdoc.org) mengumpulkan artikel tentang berbagai macam hal yang berhubungan dengan linux. www.fotografer.net bagi profesional di bidang fotografi dapat melakukan sharing karya pada galery, forum diskusi, bursa jual beli berbagai macam pendukung dunia fotografi.
PENUTUP
Kesimpulan
Setiap perusahaan media massa telah merencanakan strategi khusus masing – masing untuk mencapai segmentasi pasar audience. Media massa adalah alat yang digunakan dalam penyampaian pesan-pesan dari sumber kepada khalayak (menerima) dengan menggunakan alat-alat komunikasi mekanis seperti surat kabar, film, radio, TV. Media massa adalah faktor lingkungan yang mengubah perilaku khalayak melalui proses pelaziman klasik, pelaziman operan atau proses imitasi (belajar sosial). Dua fungsi dari media massa adalah media massa memenuhi kebutuhan akan fantasi dan informasi.
                 


Comments

Popular posts from this blog

PERAN OPINION LEADER DALAM SISTEM KOMUNIKASI INDONESIA

SISTEM KOMUNIKASI DI PERKOTAAN