KEBERAGAMAN MEDIA MASSA DAN SEGMENTASINYA DI INDONESIA
TUGAS PAPER
MATA KULIAH SISTEM KOMUNIKASI INDONESIA
Sebagai syarat memenuhi kelulusan
mata kuliah Sistem Komunikasi Indonesia yang diampu
oleh :
Fatihatul
Lailiyah S.Sos., M.Med.Kom
Disusun oleh :
ELANG TEJA KUSUMA (51703050013)
LABIBAH NINIS ABIYU GHINANDA (51703050018)
WAHYUNING PUTRI ANGGAREVA (51703050029)
PROGRAM STUDI ILMU KOMUNIKASI
FAKULTAS ILMU SOSIAL DAN ILMU
POLITIK
UNIVERSITAS ISLAM MAJAPAHIT
2018
Pendahuluan
A. Latar belakang
Pesatnya perkembangan
teknologi dan informasi, menyebabkan perubahan di kalangan masyarakat. Tanpa
disadari media massa telah ikut mengatur jadwal hidup kita serta menciptakan
sejumlah kebutuhan. Keberadaaan media dalam menyajikan informasi cenderung memicu
perubahan serta banyak membawa pengaruh pada penetapan pola
hidup masyarakat. Beragam informasi yang disajikan dinilai dapat memberi
pengaruh yang berwujud positif dan negatif. Secara perlahan-lahan namun
efektif, media membentuk pandangan masyarakat terhadap bagaimana seseorang
melihat pribadinya dan bagaimana seseorang seharusnya berhubungan dengan dunia sehari-hari.
Setiap perusahaan media
massa harus memahami akan perubahan yang terjadi di sekitar lingkungannya
dengan melakukan pengamatan lingkungan. Ekonomi media massa mengelola sumber
daya manusia dalam menciptakan isi informasi dan hiburan berdasarkan segmentasi
pasar program siaran yang dapat ditinjau dari tingkat ekonomi, pendidikan,
budaya, dan geografis. Misalnya, dilihat dari tayangan program siaran pada
industri media televisi yang ada di Indonesia saat ini, secara konten kualitas
siaran program masih menyasar pada segmentasi khalayak dengan tingkat SES
(Social, Economi, Sex) menengah ke bawah.
melihat pada khalayak secara umum sangatlah
luas dan kebutuhan audien juga sangat luas. Akan sangat sulit untuk bisa
memenuhi kebutuhan semua audien akan informasi karena pendengar terlalu beragam.
Sehingga media massa memerlukan sebuah segmentasi audien.
Pembahasan
A. Landasan
teori
1.
Media massa
Istilah Media Massa merupakan singkatan
dari istilah media komunikasi massa, yang secara sederhana dapat diartikan
sebagai alat yang dapat digunakan untuk menyampaikan pesan secara serentak
kepada khalayak banyak yang berbeda-beda dan tersebar diberbagai
tempat (Andre A. Hardjana, 1996). Sebagai alat penyampaian pesan, media massa
menggunakan lambang – lambang yang dapat ditangkap oleh panca indera terutama
indera mata dan telinga. Dengan demikian media massa ini dapat dibedakan
menjadi media massa bentuk tampak (Visual), media massa bentuk dengar (Audio),
dan media massa bentuk gabungan (Audio Visual).
Jenis-Jenis Media Massa
·
Media Cetak
(Printed Media):
Suratkabar, Tabloid, Majalah.
·
Media Elektronik
(Electronic Media): Radio,
Televisi, Film/Video.
·
Media Siber
(Cyber Media): Website,
Portal Berita, Blog, Media Sosial.
2. Segmentasi media massa di indonesia
Menurut marrison, Segmentasi pasar merupakan pembagian dari
keseluruhan pasar untuk suatu pelayanan dalam kelompok – kelompok dengan
karakteristik umum. Segmentasi pasar pada dasarnya diperlukan bagi perusahaan
yang menjual barang dan jasa. Tujuannya adalah membuat semua pelanggan yang
potensial.
Dan
untuk itu Eric Berkowwitz dkk. membagi suatu pasar ke dalam kelompok-kelompok
yang jelas yaitu (1) memiliki kebutuhan yang sama dan (2) memberikan respon
yang sama terhadap suatu tindakan pemasaran. Dengan demikian dapat disimpulkan
segmentasi pasar adalah suatu kegiatan untuk mengelompokan atau membagi audien
ke dalam bentuk terperinci.
B.
Segmentasi Media Massa dI Indonesia
1.
Segmentasi media cetak (majalah)
Dilihat
dari sejarah penerbitan pers di Indonesia, gejala segmentasi majalah sebenarnya
mulai tampak pada akhir tahun 1970-an. Pada waktu itu, telah terbit sejumlah
media cetak yang membahas masalah spesifik dengan pembaca khusus. Segmentasi
itu tampak dari spesialisasi tema majalah seperti majalah khusus ekonomi,
keagamaan, kesehatan, anak-anak, remaja, wanita, keluarga, pertanian, otomotif,
iptek, sastra/budaya, psikologi, hukum & kriminal, tata boga, manajemen/perbankan,
pariwisata, interior, olahraga, kesehatan, industri, ketenagakerjaan, komputer,
pertanian, arsitektur, fotografi, komputer, handphone, hobi dan hiburan (musik,
film, game, komik, mainan),
dll. Beberapa grup konglomerasi penerbitan majalah sebagai pemain besar antara
lain Gramedia, Suara Pembaruan, Jawa
Pos, Femina, MRA, Media Indonesia, dan Pinpoint.
Tabel 1.
Majalah Waralaba di Indonesia
No
|
Tahun Terbit
|
Media
|
Segmen
|
Penerbit
|
1
|
April 1973
|
Bobo
|
Anak-anak
|
Gramedia
|
2
|
1997
|
CHIP
|
Komputer
|
Elex Media
|
3
|
September 1997
|
Cosmopolitan
|
Wanita/Lifestyle
|
Grup MRA
|
4
|
2000
|
Health Today
|
Kesehatan
|
Infomaster
|
5
|
Mei 2000
|
F1 Racing Indonesia
|
Olahraga
|
Quadra Media Publicia
|
6
|
Mei 2000
|
Herpers BAZAAR
|
Wanita/Lifestyle
|
Media Insani Abadi
|
7
|
Juni 2000
|
Autocar
|
Otomotif
|
Grup MRA
|
8
|
Agustus 2000
|
Female Indonesia
|
Wanita/Lifestyle
|
Mediamilenia
|
9
|
Oktober 2000
|
Her World Indonesia
|
Wanita/Lifestyle
|
Media Ikrar Abadi
|
10
|
November 2000
|
Lisa
|
Wanita
|
Pin Point
|
11
|
Maret 2001
|
Golf Digest
|
Olahraga
|
Media Golfindo
|
12
|
April 2001
|
Komputer Aktif
|
Komputer/TI
|
Gramedia
|
13
|
Agustus 2001
|
Men’s Health
|
Kesehatan
|
Grup Femina
|
14
|
Agustus 2001
|
Rally XS
|
Olahraga
|
Quadra Media
|
15
|
September 2001
|
Motorriders
|
Otomotif/Olahraga
|
Grup MRA
|
16
|
Oktober 2001
|
Cosmo Girl
|
Remaja Putri
|
Grup MRA
|
17
|
November 2001
|
Seventeen
|
Remaja Putri
|
Grup Femina
|
18
|
2001
|
T3 Indonesia
|
Komputer/TI
|
Tri Teknologi Tunggal
|
kategori majalah dapat
dipilah-pilah dalam beberapa jenis, meliputi:
a. Geografi
Berkaitan dengan distribusi majalah
apakah nasional, lokal ataukah regional atau bahkan internasional (Panjebar
Semangat, Tempo, Time)
b. Demografi
Adalah kategori majalah dalam bentuk
kelompok umur (Bobo), Pekerjaan (Cakram), jenis kelamin (Matra,
Femina, Cosmopolitan, Mens Health), status sosial (Tempo,
Intisari, Misteri, Maestro)
c. Editorial
Content
Pembagian
majalah dari segi isi apakah berita umum (Tempo, Gatra), informasi wanita (Cosmopolitan), Bisnis (Swa), interert khusus (Cinemagz,
ASRI), dsb
d.
Ukuran fisik
Ukuran fisik majalah umumnya
adalah 8,5 x 11 inchi atau 6 x 9 inchi. Saat ini ukuran majalah terus
mengecil agar mudah dibawa kemana-mana.
e. Frekuensi
Penerbitan
Umumnya majalah di Indonesia terbit
mingguan, namun ada yang terbit dwi mingguan, bulanan, tiga kali sebulan dan
ada pula yang terbit tiga bulan sekali.
2.
Segmentasi
media elektronik (televisi)
Acara
yang muncul pada stasiun RCTI tersebut adalah:
04:30:00 -
05:00:00
|
SEPUTAR INEWS PAGI PLUS
|
05:00:00 -
06:00:00
|
SEPUTAR INEWS PAGI
|
06:00:00 -
06:30:00
|
GO SPOT
|
06:30:00 -
08:15:00
|
FILM KELUARGA PAGI
|
08:15:00 - 09:30:00
|
LARVA (PAGI)
|
09:30:00 -
11:00:00
|
SILET
|
11:00:00 -
11:45:00
|
SEPUTAR INEWS SIANG
|
11:45:00 -
12:15:00
|
SERGAP
|
12:15:00 -
14:30:00
|
SI DOEL
|
14:30:00 -
15:30:00
|
KESEMPATAN KEDUA (RR)
|
15:30:00 -
16:45:00
|
KESEMPATAN KEDUA
|
16:45:00 -
18:42:00
|
TUKANG OJEK PENGKOLAN
|
18:45:00 -
20:45:00
|
CINTA YANG HILANG
|
20:45:00 -
23:00:00
|
DUNIA TERBALIK
|
23:00:00 -
24:00:00
|
SAAT HATI TELAH MEMILIH
|
Pertimbangan yang
melandasi penayangan acara pada RCTI tersebut yaitu rating para penonton TV
tersebut mencapai puncaknya dengan jumlah terbanyak dan berasal dari semua
kalangan. Karena RCTI mengambil segmentasi pasar golongan SES untuk dinikmati
semua lapisan masyarakat. Terutama di hari libur, hal ini dikarenakan jam
istirahat dan hari berkumpul orang Indonesia baik bersama keluarga atau teman
adalah pada hari tersebut, dimana sebagian besar dari mereka banyak yang
mengaktifkan TV sebagai teman berkumpul mereka sehingga pada hari tersebut
hampir semua acara yang muncul memiliki segmentasi untuk semua kalangan mulai
bayi, remaja, ibu hamil, wanita karier, dll,
acara yang muncul pada stasiun tvone
tersebut adalah:
04:30:00 -
05:30:00
|
LIVE NEWS KABAR PAGI
|
05:30:00 -
06:00:00
|
APA KABAR INDONESIA PAGI
|
08:00:00 -
08:30:00
|
LIVE NEWS : KABAR ARENA PAGI
|
08:30:00 -
09:00:00
|
COFFE BREAK
|
09:00:00 -
09:30:00
|
LEJEL HOME SHOPPING 2018
|
09:30:00 -
10:00:00
|
KABAR PASAR
|
10:00:00 - 10:30:00
|
INDONESIA PLUS
|
10:30:00 - 11:00:00
|
RAGAM PERKARA
|
11:00:00 -
13:00:00
|
LIVE NEWS : KABAR SIANG
|
13:00:00 -
14:00:00
|
AYO HIDUP SEHAT
|
14:00:00 - 14:30:00
|
KABAR PASAR SORE
|
14:30:00 -
15:30:00
|
KABAR PILIHAN
|
15:30:00 -
18:30:00
|
BURU SERGAP
|
18:30:00 -
21:00:00
|
LIVE NEWS : KABAR PETANG
|
21:00:00 -
23:30:00
|
KABAR UTAMA
|
23:30:00 - 24:30:00
|
UFC
|
Melihat dari sisi penampilan dan setting
program, TVOne lebih mengarah ke sasaran penonton yang unik dan spesifik.
Ketika kita memperhatikan apa yang diucapkan presenter berita (anchor) pada akhir acara maka kita
dapat memperkirakan siapa target penontonnya. Dengan pengucapan dan gaya bahasa
yang formal, terlihat jelas bahwa sasaran mereka adalah masyarakat dengan
tingkat pendidikan
yang lebih tinggi. Yang menyukai keformalan dan wibawa. Selain itu TVOne
mempunyai orientasi tayangan pada berita dan gaya hidup.
3. Segmentasi
media online
Segmentasi komunitas online dari orang-orang yang saling
berinteraksi. Segmentasi komunitas internet terdiri dari 5 kategori yaitu
(Suyanto, 2004: 6-10):
·
Segmentasi Komunitas Minat
Komunitas minat terdiri
dari orang-orang yang berinteraksi terhadap topik tertentu, misalnya hiburan,
topik keluarga, topik perkebunan, topik cuaca dan sebagainya. Contoh: Situs
yang berhubungan dengan musik di Indonesia adalah www.joox.com. joox.com memberikan
informasi tentang para penyanyi, pemain musik, instrumen musik, tangga lagu,
koleksi album, foto artis, forum fans, album baru dan industri musik. Disediakan
juga lirik lagu, chord, chat. Peminat musik dapat membeli secara online,
misalnya album penyanyi dalam negeri maupun luar negeri. Sehingga segmentasi pasar mengarah ke para remaja.
·
Segmentasi Komunitas Relasi
Komunitas relasi adalah
komunitas yang terbentuk karena memiliki pengalaman hidup yang sama. Misalnya,
Cancer Forum adalah forum yang berisi tukar-menukar informasi dan pendapat
tentang penyakit kanker (www.cancerforum.com). Selain itu, Cancer Forum menjual
dan menyewakan nama domain yang berkaitan dengan kesehatan. Kategori-kategori
nama domain tersebut antara lain Alzheimers, Arthritis, Asthma, Diet dan
lainnya. Situs DGI (Desain Grafis
Indonesia) www.dgi-indoneia.com adalah sebuah situs yang didirikan pada 13
Maret 2007 oleh Hanny kardinata sebagai forum maya untuk memupuk saling
pengertian di antara desainer grafis Indonesia.
·
Segmentasi Komunitas Fantasi
Komunitas Fantasi
merupakan forum terdiri dari peserta yang menciptakan lingkungan imajinasi. Komunitas
Fantasi dapat berupa fantasi game, cerita fantasi mulai dari novel, manga,
komik, ataupun film-film bergenre animasi. Seperti: www.manga.com,
www.ngomik.com, game-game online RPG, The Science-Fiction, horor dan fantasy
film di www.moria.co.nz, www.mania.com
dan lain-lainnya.
·
Segmentasi Komunitas Transaksi
Segmentasi komunitas
transaksi adalah komunitas yang memberi kan fasilitas jual beli. Anggota
termasuk pembeli, penjual, perantara, dan sebagainya. Perusahaan
yang melakukan segmentasi berdasarkan komunitas transaksi, antara lain Yahoo
Shopping, Amazon, Wizard, dlll. Anggota
komunitas dari Yahoo Shopping dapat berbelanja dengan empat cara, yaitu:
“Shopping”, “Used”, “Auction”, dan “Classified”. Pada Yahoo Shopping, beberapa
perusahaan memasang banner. Amazon.com
merupakan toko online terbaik pada tahun 2002 menurut versi majalah Yahoo. Amazon
menyediakan berbagai macam produk, dari produk kecantikan hingga mainan dan
sebagainya. Komunita Amazon mendapat potongan dalam berbelanja dan pengiriman
gratis. Komunitas Transaksi di Indonesia
dapat ditemukan pada www.kaskus.com, www.berniaga.com,
www.tokobagus.com dll.
·
Segmentasi Komunitas Profesional
Segmentasi komunitas
profesional merupakan komunitas yang dibentuk untuk mendukung komunitas
profesional dan pertukaran pekerjaan yang bernilai atau informasi terkait
dengan penelitian. Misalnya: www.analog.com
menciptakan komunitas akses online para perancang chip kepada pakar-pakar
teknisnya. Linux Documentation Project
(www.linuxdoc.org) mengumpulkan artikel tentang berbagai macam hal yang
berhubungan dengan linux. www.fotografer.net
bagi profesional di bidang fotografi dapat melakukan sharing karya pada galery,
forum diskusi, bursa jual beli berbagai macam pendukung dunia fotografi.
PENUTUP
Kesimpulan
Setiap perusahaan
media massa telah merencanakan strategi khusus masing – masing untuk mencapai
segmentasi pasar audience. Media massa
adalah alat yang digunakan dalam penyampaian pesan-pesan dari sumber kepada
khalayak (menerima) dengan menggunakan alat-alat komunikasi mekanis seperti
surat kabar, film, radio, TV. Media massa adalah faktor lingkungan yang
mengubah perilaku khalayak melalui proses pelaziman klasik, pelaziman operan
atau proses imitasi (belajar sosial). Dua fungsi dari media massa adalah media
massa memenuhi kebutuhan akan fantasi dan informasi.
Comments
Post a Comment